Sabtu, 12 Juli 2014

RPP Menilis Pengalaman Pribadi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                   : SMP
Mata Pelajaran                         : Bahasa Jawa
Kelas / Semester                      : VII / 1
Alokasi Waktu                         : 2 x 40 menit.

I.                   Standar Kompetensi
Menulis
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra  menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh dan menulis paragraf  berhuruf Jawa

II.                Kompetensi Dasar
Menulis pengalaman pribadi menggunakan ragam ngoko dan krama.

III.             Indikator
-        Mampu menulis sesuai dengan EYD yang disempurnakan.
-        Mampu menulis sesuai dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa.
-        Mampu menulis dengan diksi yang tepat.

IV.              Tujuan Pembelajaran
-        Siswa mampu menulis sesuai dengan EYD yang disempurnakan.
-        Siswa mampu menulis sesuai dengan unggah-ungguh Bahasa Jawa
-        Siswa mampu menulis dengan diksi yang tepat.

V.                 Materi
Contoh teks pengalaman pribadi (terlampir).

VI.              Metode
-          Ceramah
-          SAL (Student Active Learning)
-          Pemodelan
-          Analisis Keslahan berbahasa

VII.           Media
kertas kerja
contoh teks pengalaman pribadi
Gambar-gambar pengalaman umum

VIII.        Sumber Belajar
-          Buku bahasa Jawa kelas VII

IX.              Langkah-langkah


No
Langkah-langkah
Alokasi Waktu
Nilai Karakter

Kegiatan Awal


1.
Siswa memberi salam kepada guru
1 menit
Religius
2.
Siswa dan guru berdoa bersama-sama
2 menit
Religius
3.
Siswa dan guru bertanya jawab mengenai pengalaman siswa menulis pengalaman pribadi. misalnya
-Sinten ingkang seneng nulis buku diary?
-Menapa saben dinten?
5 menit

Nilai Rasa ingin tau
4.
Guru menyampaikan tujuan belajar hari itu secara flexibel
2 menit
Nilai s

Kegiatan Inti


5.
Siswa medengarkan contoh cerita pengalaman yang pernah dialami oleh guru.
Isuk mau nalika ibuk budhal sekolah, ibu papasan karo kecelakaan cah. Korbane ana wong loro cah, padha babak bunyak.
Iku mau salah siji pengalaman pribadine ibu cah.coba cah iki ana salah siji pangalaman pasinaon budi pakerti.

5 menit
Nilai Toleransi
6.
Siswa dan guru melihat teks pengalaman pribadi yang ditampilkan oleh guru
5 menit
Nilai Ketrampilan Mengamati
7.
Siswa dan guru menganalisi contoh teks pengalaman pribadi yang ditampilkan tadi sesuai indikator menulis.

10 menit
Nilai Pengetahuan Memahami
Nilai Ketrampilan mengamati
Nilai Pengetahuan menganalisis
8.
Siswa memilih gambar yang ditampilkan guru sesuai pengalaman pribadi yang pernah dialami untuk memudahkan siswa dalam menulis
5 menit
Nilai Kepercayaan diri
9.
Siswa diberi selembaran kertas untuk menuliskan pengalaman pribadi mereka sesuai gambar yang dipilih
5 menit
Nilai Tanggung jawab
10.
Siswa menulis pengalaman pribadinya menggunakan bahasa ngoko
30 menit
Nilai Ketrampilan menyaji

11.
Guru berkeliling untuk mengawasi dan membimbing sebagai penilaian proses
Bersamaan dengan langkah 11
Nilai mandiri
12.
Setelah selesai, kertas dikumpulkan sebagai evaluasi akhir.
5 menit
Nilai Tanggungjawab

Kegiatan Penutup


13.
Guru menanggapi secara keseluruhan diakhir pembelajaran
3 menit
Nilai toleransi
14.
Siswa mengucapkan terimakasih kepada guru
2 menit
Nilai Tanggung jawab


X.                 Penilaian Hasil Belajar
a)      Teknik : tugas
b)      Bentuk : Proses, Praktek

XI.              Kriteria Penilain
No.
Aspek
Bobot
Skor
Keterangan
1.
EYD
1-30


2.
Diksi
1-30


3.
Kesesuain Cerita
1-20


4.
Unggah-ungguh
1-20


Jumlah








Keterangan Skor Akhir
A : 80-90
B : 70-80
C : 60-70
D: < 60






Mengetahui,                                  Semarang, 28 Desember 2013

Kepala Sekolah                                         Guru Mata Pelajaran




(........................)                                         (Aida Nurjanah)
NIP                                                             NIM 2601411039










0 komentar:

Posting Komentar