RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Jawa
Kelas / Semester :
VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit.
I.
Standar
Kompetensi
Menulis
Mampu mengungkapkan pikiran, gagasan,
pendapat, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai
unggah-ungguh dan menulis paragraf
berhuruf Jawa
II.
Kompetensi
Dasar
Menulis pengalaman pribadi menggunakan
ragam ngoko dan krama.
III.
Indikator
-
Mampu
menulis sesuai dengan EYD yang disempurnakan.
-
Mampu menulis sesuai dengan
unggah-ungguh Bahasa Jawa.
-
Mampu menulis dengan diksi yang tepat.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
-
Siswa mampu menulis sesuai dengan EYD
yang disempurnakan.
-
Siswa mampu menulis sesuai dengan
unggah-ungguh Bahasa Jawa
-
Siswa mampu menulis dengan diksi yang
tepat.
V.
Materi
Contoh teks pengalaman
pribadi (terlampir).
VI.
Metode
-
Ceramah
-
SAL (Student Active Learning)
-
Pemodelan
-
Analisis Keslahan berbahasa
VII.
Media
kertas kerja
contoh teks pengalaman
pribadi
Gambar-gambar
pengalaman umum
VIII.
Sumber
Belajar
-
Buku bahasa Jawa kelas VII
IX.
Langkah-langkah
No
|
Langkah-langkah
|
Alokasi
Waktu
|
Nilai
Karakter
|
|
Kegiatan
Awal
|
|
|
1.
|
Siswa memberi salam
kepada guru
|
1
menit
|
Religius
|
2.
|
Siswa dan guru
berdoa bersama-sama
|
2
menit
|
Religius
|
3.
|
Siswa dan guru bertanya jawab mengenai pengalaman
siswa menulis pengalaman pribadi. misalnya
-Sinten ingkang seneng nulis buku diary?
-Menapa
saben dinten?
|
5
menit
|
Nilai
Rasa ingin tau
|
4.
|
Guru menyampaikan
tujuan belajar hari itu secara flexibel
|
2
menit
|
Nilai
s
|
|
Kegiatan
Inti
|
|
|
5.
|
Siswa medengarkan contoh cerita pengalaman
yang pernah dialami oleh guru.
Isuk
mau nalika ibuk budhal sekolah, ibu papasan karo kecelakaan cah. Korbane ana
wong loro cah, padha babak bunyak.
Iku
mau salah siji pengalaman pribadine ibu cah.coba cah iki ana salah siji
pangalaman pasinaon budi pakerti.
|
5
menit
|
Nilai
Toleransi
|
6.
|
Siswa dan guru melihat teks pengalaman
pribadi yang ditampilkan oleh guru
|
5
menit
|
Nilai
Ketrampilan Mengamati
|
7.
|
Siswa dan guru menganalisi contoh teks
pengalaman pribadi yang ditampilkan tadi sesuai indikator menulis.
|
10
menit
|
Nilai
Pengetahuan Memahami
Nilai Ketrampilan mengamati
Nilai
Pengetahuan menganalisis
|
8.
|
Siswa memilih gambar yang ditampilkan
guru sesuai pengalaman pribadi yang pernah dialami untuk memudahkan siswa
dalam menulis
|
5
menit
|
Nilai
Kepercayaan diri
|
9.
|
Siswa diberi selembaran kertas untuk
menuliskan pengalaman pribadi mereka sesuai gambar yang dipilih
|
5
menit
|
Nilai
Tanggung jawab
|
10.
|
Siswa menulis pengalaman pribadinya
menggunakan bahasa ngoko
|
30
menit
|
Nilai
Ketrampilan menyaji
|
11.
|
Guru berkeliling untuk mengawasi dan
membimbing sebagai penilaian proses
|
Bersamaan
dengan langkah 11
|
Nilai
mandiri
|
12.
|
Setelah selesai, kertas dikumpulkan
sebagai evaluasi akhir.
|
5
menit
|
Nilai
Tanggungjawab
|
|
Kegiatan
Penutup
|
|
|
13.
|
Guru menanggapi secara keseluruhan
diakhir pembelajaran
|
3
menit
|
Nilai
toleransi
|
14.
|
Siswa mengucapkan terimakasih kepada
guru
|
2
menit
|
Nilai
Tanggung jawab
|
X.
Penilaian
Hasil Belajar
a) Teknik
: tugas
b) Bentuk
: Proses, Praktek
XI.
Kriteria
Penilain
No.
|
Aspek
|
Bobot
|
Skor
|
Keterangan
|
1.
|
EYD
|
1-30
|
|
|
2.
|
Diksi
|
1-30
|
|
|
3.
|
Kesesuain Cerita
|
1-20
|
|
|
4.
|
Unggah-ungguh
|
1-20
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
Keterangan Skor Akhir
A : 80-90
B : 70-80
C : 60-70
D: < 60
Mengetahui, Semarang, 28
Desember 2013
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(........................) (Aida
Nurjanah)
NIP NIM
2601411039
0 komentar:
Posting Komentar