RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP NEGERI 4 SEMARANG
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : VII/1
Materi
Pokok : Teks Aksara Jawa
Alokasi
Waktu : 2 X Pertemuan (4 jp)
A.
Kompetensi Inti
(KI)
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait dengan fenomena dan kejadian nyata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
1.4
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa, sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
|
1.4.1 Terbiasa berdoa kepada Tuhan Maha Esa sebelum peserta didik melaksanakan
pembelajaran teks naratif tentang cerita pengalaman
1.4.2 Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Jawa sebagai sarana menyajikan teks naratif tentang cerita pengalaman
|
2.4 Menunjukkan sikap menghargai berperilaku
jujur,
disiplin,dan tanggung jawab dalm
menyampaikan informasi atau tanggapan berbagai hal / keperluan sesuai dengan
tata krama Jawa.
|
2.4.1 Terbiasa
membantu teman sejawat dalam memecahkan masalah.
2.4.2 Terbiasa
memberi pendapat dalam bahasan pemecahan masalah
2.4.3 Terbiasa
menggunakan kata-kata yang
tidak menyinggung perasaan orang lain.
2.4.4 Mengikuti kegiatan diskusi dengan disiplin
2.4.5 Terbiasa
bersikap jujur dalam berkarya
|
4.5Membaca nyaring dan
menulis teks 1 (satu) paragraph berhuruf Jawa
|
4.5.1 Membaca kalimat
berhuruf
Jawa dengan penerapan
sandhangan dan pasangan.
4.5.2 Menyalin kalimat
berhuruf Jawa dengan penerapan sandhangan dan pasangan ke huruf latin
4.5.3 Membaca teks berhuruf
Jawa dengan penerapan sandhangan dan pasangan.
4.5.4 Menyalin teks berhuruf Jawa
dengan penerapan sandhangan dan pasangan ke huruf latin
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan peserta didik dapat :
1.
Berdoa
kepada Tuhan Maha Esa sebelum peserta didik melaksanakan pembelajaran materi
tentang membaca nyaring dan menulis teks satu paragraf berhuruf jawa
2.
Menggunakan
bahasa Jawa di kelas saat pelajaran bahasa Jawa
dengan jujur, dan tanggung jawab
3.
Bertanya
jawab tentang teks paragraph berhuruf Jawa pemodelan guru dengan bertanggung jawab.
4.
Berdiskusi
dan berlatih membaca teks paragraph berhuruf Jawa dengan tanggung jawab dan
jujur.
5.
Berlatih
membaca teks berhuruf Jawa dengan tanggung jawab dan jujur.
6.
Membaca
nyaring paragraf berhuruf Jawa satu paragraf
Pertemuan
2
1.
Berdoa
kepada Tuhan maha Esa sebelum peserta didik melaksanakan pembelajaran materi teks paragraf berhuruf
Jawa.
2.
Menggunakan bahasa Jawa di kelas saat pelajaran bahasa Jawa dengan
baik
3.
Membaca
paragraf berhuruf Jawa yang menerapkan pasangan, sandhangan dan anska Jawa
dengan tanggung jawab.
4.
Menulis
kata berhuruf Jawa dengan pasangan dan sandhangan dengan tanggung jawab.
5.
Menulis
kalimat berhuruf Jawa dengan pasangan dan sandhangan, serta angka Jawa dengan
tanggung jawab.
6.
Menulis
paragraf berhuruf Jawa dengan pasangan dan sandhangan serta angka Jawa dengan
tanggung jawab dan jujur.
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Teks kata
berhuruf Jawa
ꦆꦺꦄꦖꦺꦉꦼꦓ
2. Teks kalimat
berhuruf Jawa
ꦀꦶꦺꦁꦙꦻꦺꦁꦇꦶꦍꦏꦽꦅꦶꦄꦆꦼꦐꦉꦿ꧐ꦐꦉ꧐ꦀꦐꦸꦇꦹꦇꦿ꧐ꦐꦍ꧕꧐꧌
3. Teks satu
paragraf berhuruf Jawa
ꦅꦶꦁꦀꦶꦄꦶꦆꦼꦐꦉꦿ꧐ꦐꦬ꧐ꦺꦇꦺꦊꦚꦏꦥꦷꦽ꧐꧔ꦐ꧐ꦇꦶꦏꦥꦾꦏꦸꦁꦟꦹꦆꦛꦊꦶꦇꦄꦶꦼꦊꦇꦽꦈꦺꦐꦍꦎꦖꦷꦊꦶꦃꦶꦼ꧌ꦂꦂꦾꦺꦀꦇꦊꦶꦄꦼꦅꦶꦊꦸꦁꦟꦹꦆꦛꦶꦏꦥꦾꦀꦁ꧐꧐꧌ꦇꦊꦶꦺꦁꦓꦕꦏꦸꦓꦕꦏꦸ꧋ꦀꦏꦽꦐꦇꦊꦶ꧐ꦐ꧐ꦺꦑꦻꦺꦑꦻꦺꦆꦚꦑꦶꦇ꧐ꦍ꧐ꦄꦶꦺꦉꦻꦐꦏꦿ꧋ꦇꦶꦏꦥꦾꦆꦷꦉꦇꦔꦿꦆꦄꦒꦾꦄꦼꦺꦐꦏꦸꦁꦟꦹꦆꦛꦊꦶꦺꦁ꧋ꦊ꧆ꦐꦇꦊꦶ꧐ꦐ꧐ꦍꦀꦶꦄꦸ꧐ꦍ꧖꧕꧔ꦉꦬ꧐꧌ꦀꦽꦆꦺꦁꦇꦶꦏꦥꦾꦆꦄꦛꦶꦾ꧐꧖ꦉ꧔꧐꧌
Pertemuan 2
1.
Teks
satu paragraf berhuruf Jawa
ꦊ꧆ꦺꦑꦻꦆꦼꦐꦉꦿ꧐ꦐꦬ꧐ꦺꦀꦻꦺꦄꦚꦻꦑꦷꦽ꧐꧔ꦐ꧐ꦀꦶꦼꦺꦀꦺꦇꦺꦏꦞ꧐ꦐ꧐ꦑꦼꦺꦇꦼꦻꦅꦶꦉꦄꦛꦁꦄꦔꦺꦄꦃꦊꦆꦿꦺꦊꦝꦺꦁꦻ꧌ꦃꦊꦺꦆꦚꦅꦶꦉꦄꦛꦁꦄꦔꦺꦄꦊꦶꦼ꧐꧐꧌ꦌꦏꦿ꧐ꦐ꧔꧐ꦇꦶꦼꦃꦈꦸꦾꦈꦉꦶꦄꦷꦉꦇꦿ꧐ꦉ꧐꧋ꦺꦅꦺꦁꦌꦏꦿ꧐ꦐ꧐ꦈꦉꦶꦄꦷꦉꦇꦿ꧐ꦬ꧐ꦉꦁꦿ꧐ꦍ꧐꧌ꦃꦊꦆꦘꦓꦕꦄꦛꦁꦁꦘꦁꦦꦶꦐꦍꦷꦼ꧋ꦁꦓꦶꦼꦀꦺꦄꦾꦈꦉꦶꦄꦼꦺꦀꦻꦃꦃꦈꦸꦾ꧌ꦇꦄꦶꦼ꧐ꦉꦬ꧖꧐ꦂꦂꦾꦺꦀꦇꦶꦇꦜ꧋ꦇꦶꦼꦃꦈꦸꦾꦁꦏꦸꦹꦼ꧐꧖ꦐ꧌
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Diskusi, tanya jawab, penugasan,
permodelan, membaca berantai
F.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1.
Media :
Kartu Berhuruf Jawa, Power Point teks berhuruf
2.
Jawa, Laptop, LCD
3.
Sumber
Belajar : Buku panduan menulis aksara
Jawa, Buku paket kelas
VI
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan :
o
Peserta didik memberi salam kepada guru
o
Peserta didik dan guru
berdoa bersama-sama
o
Memeriksa kehadiran dan kesiapan peserta didik.
o
Apersepsi, Mlebet dinten
sedaya boten dinten menika ?
o
Sinten ingkang mangertos
lan apal angka Jawa?
o
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari itu.
|
10
menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
o
Peserta didik dan Guru bertanya jawab tentang aksara Legena
pasangan dan sandhangan aksara jawa.
o
Guru menjelaskan cara membaca pada kalimat beraksara Jawa.
o
Guru menampilkan slide yang bertuliskan kalimat beraksara Jawa
yang menerapkan, angka, pasangan, dan sandhangan.
o
Peserta didik mengamati slide yang ditampilkan guru.
o
Guru menjelaskan teknik pembelajaran yang akan digunakan.
o
Peserta didik dibentuk kelompok , masing-masing kelompok 4 siswa.
o
Peserta didik dibagikan kartu bertulis kalimat berhuruf Jawa yang
menerapkan angka Jawa kepada masing-masing kelompok.
o
Peserta didik diberikan waktu 10-15 menit kepada kelompok siswa
untuk menyusun kartu berhuruf Jawa.
o
Peserta didik secara berkelompok menyusun kalimat beraksara Jawa
pada kartu menjadi paragraf yang baik.
o
Kelompok siswa presentasi urutan kalimat yang benar menurut
kelompok mereka. Perorang membaca nyaring kalimat berhuruf Jawa yang
diacakoleh guru. Sementara, kelompok yang lain memperhatikan dan mencatat
kesalahan dari kelompok yang maju, dan seterusnya. Bagi kelompok yang maju
pertama akan diberikan nilai tambahan dari guru.
o
Peserta didik dan guru membahas hasil diskusi kelompok yang maju.
|
65
menit
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
o
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran paragraf berhuruf
Jawa yang menerapkan angka Jawa
|
5
menit
|
Pertemuan 2
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal :
·
Peserta didik memberi salam kepada guru
·
Peserta dan guru berdoa
bersama-sama
·
Guru memberikan pengantar tentang materi yang akan diajarkan.
·
Siswa diberi motivasi
tentang penting aksara Jawa.
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari itu.
|
10
menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
·
Peserta didik dan Guru bertanya jawab tentang aksara legena pasangan dan sandhangan.
·
Guru menampilkan slide yang bertuliskan kalimat beraksara Jawa
yang menerapkan angka Jawa.
·
Siswa mengamati slide yang ditampilkan guru.
·
Siswa membaca berantai paragraf yangditampillkan dislide.
·
Siswa menjawab soal benar salah mengenai isi paragraf berhuruf
Jawa yang ditampilkan guru.
·
Siswa menulis ringkasan dari paragraf yang dibaca bersama-sama tadi
kemudian ditulis kedalam aksara Jawa.
·
Siswa dan guru membahas salah satu pekerjaan siswa secara
klasikal.
|
65 menit
|
3.
|
Penutup
·
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
paragraf berhuruf Jawa yang menerapkan angka Jawa
|
5 menit
|
H.
Penilaian
1.
Sikap
Spiritual
a.
Tekinik
Penilaian : Observasi
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar observasi
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/nilai
|
Butir Instrumen
|
1.
2.
|
Terbiasa berdoa kepada Tuhan Maha Esa
sebelum peserta didik melaksanakan pembelajaran teks membaca dan menulis satu paragraph berhuruf Jawa
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Jawa sebagai sarana menyajikan materi membaca dan menulis satu paragraph berhuruf Jawa.
|
o Terbiasa berdoa
o Terbiasa
bersyukur
|
Instrumen
Penilaian Sikap Spiritual
Nama : _______________
Kelas : _______________
Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
Nama : _______________
Kelas : _______________
Sikap/nilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Berdoa sebelum dan sesudah mempelajari teks membaca dan menulis satu paragraph berhuruf Jawa.
2.
Mengucapkan rasa syukur setelah mengerjakan
tugas teks membaca dan menulis satu paragraph berhuruf Jawa.
|
|
|
|
|
Keterangan:
1 = tidak pernah 3 = sering
2 = kadang-kadang 4 = selalu
1.
Penilaian Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian : Pengamatan
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.
Kisi-kisi :
A. Penilaian sikap sosial untuk
diskusi
No.
|
Nilai
|
Deskripsi
|
No. Butir
|
1
|
Menghargai orang lain
|
Menghargai pendapat orang
lain
|
1
|
2
|
Jujur
|
Mengekspresikan gagasan dengan jujur
|
2
|
3
|
Disiplin
|
Mengikuti kegiatan diskusi dengan disiplin
|
3
|
4
|
Kesantunan
|
Menyampaikan pendapat dengan bahasa Jawa yang santun
|
4
|
B. Penilaian sikap sosial dalam
kegiatan menanggapi hasil karya teman dan berkarya
Objek
: Teks membaca dan menulis satu paragraph berhuruf Jawa.
No.
|
Nilai
|
Deskriptor
|
No. Butir
|
1.
|
Jujur
|
Menunjukkan sikap jujur dalam menanggapi karya teman
|
1
|
Menunjukkan sikap jujur dalam berkarya
|
2
|
||
2.
|
Santun
|
Bersikap santun dalam menanggapi karya teman
|
3
|
Bersikap santun dalam berkarya
|
4
|
Lembar Pengamatan Sikap Sosial untuk Kegiatan
Menanggapi Karya dan Berkarya
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
Petunjuk:
Berilah tanda silang (X) sesuai dengan
kondisi peserta didik. (Diisi oleh guru)
No.
|
Pernyataan
|
Pilihan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Menghargai orang lain dalam menanggapi karya teman
|
|
|
2.
|
Menghargai orang lain dalam berkarya
|
|
|
3.
|
Bersikap disiplin dalam menanggapi karya teman
|
|
|
4.
|
Bersikap disiplin dalam mengungkapkan isi wacana tentang peristiwa.
|
|
|
Pedoman
Penskoran:
Pilihan “Ya”
diberi skor 1, sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal
berjumlah 4
butir, maka jumlah skor berkisar antara 0 sampai 4.
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama
|
Toleransi
|
Jujur
|
Disiplin
|
Santun
|
Ket
|
|
|
V
|
v
|
V
|
v
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :
Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen : Tes uraian
c. Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
No. Butir
|
|
Membaca kata dari paragraf teks tersebut.
|
1
|
|
Membaca kalimat berhuruf jawa
|
2
|
|
Membaca Paragraf berhuruf Jawa
|
3
|
|
Membaca paragraf berhuruf Jawa secara kelompok
|
4
|
Instrumen
Penilaian Pengetahuan (K3)
Nama :
______________________________
Kelas :
______________________________
No.
|
Indikator
|
No. Butir
|
|
Menulis kata dari paragraf teks tersebut.
|
1
|
|
Menulis kalimat berhuruf jawa
|
2
|
|
Menulis Paragraf berhuruf Jawa
|
3
|
|
Menulis paragraf berhuruf Jawa secara kelompok
|
4
|
Mengetahui, Semarang,
Juni
2014
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Supriyono,
S. Pd. Aida Nurjanh
NIP 196902041990031007 NIM 2601411039
0 komentar:
Posting Komentar